Sunday, July 28, 2019

Niah Cave Malaysia 25 Juni

Miri, Malaysia, setelah perjalanan menaiki PHLS lagi kami check in di hotel Grand Palace, lalu keluar lagi cari makan malam. Setelah perjalanan sebentar kami sampai di semacam night market, dan makanannya enak sekali! Aku ingat kami sekeluarga memesan banyaaaaak sekali makanan. Nasi goreng pattaya, nasi lemak, roti cana isi telur macam-macam lah pokoknya, dan rasanya hmmmmm, enaknyaaa, memikirkan saja air liur sudah menetes.

Paginya, karena tempatnya cukup jauh, kami sarapan di hotel lalu berangkat menuju Niah national park Setelah perjalanan yang lumayan panjang, sampai juga. Kami perlu berjalan kurang lebih 3km menuju trader's cave. Perjalanannya mungkin cuman 3km tapi JALURNYA YA AMPUN, jalurnya berubah-ubah, ada yang jalan setapak, ada yang jembatan melewati rawa-rawa bahkan ada tangga. Panas sekali pula, hadeuh lelah, ibuku berkali-kali bilang "mau lanjut nggak? Atau balik saja". Dan terkadang ada papan peringatan, hati-hati ada buaya! Serem amat, tempat wisata begini, ada buaya!?

trader's cave. Menurutku gua ini menarik, jutaan tahun yang lalu gua ini berada dibawah air, yang membuat semacam pattern unik di dinding gua. Lalu sekitar tahun 1970an gua ini digunakan sebagai tempat perdagangan, sebagian besar perdagangan sarang burung, dari situlah gua ini medapatkan julukan, trader's cave. Sayangnya gua ini kecil, jadi kalau teriak belum ada echo (suaranya berulan-ulang).

Lalu aku melanjutkan perjalanan menuju Lobang Kuala, salah satu jalan masuk menuju Gua Besar (iya, namanya memang itu). Dari yang aku lihat di papan informasi, gua ini dulunya adalah tempat pemukiman manusia purba (40,000 - 2,000 tahun yang lalu), dan yang paling keren, kalau teriak di gua ini sudah muncul echo!

Kami jalan lagi 3km, memanggil supir lalu kembali lagi ke hotel Grand palace. Setelah itu, kami lelah jadi istirahat di hotel saja, nah makan malam, kami beli makan di supermarkt aku tidak berharap banyak. Tapi makanannya hmm, enaknya  kenapa enak sekali ya? Padahal cuma makanan supermarket, yasudah lah, makanan enak, Alhamdulillah gak perlu dipikirin.





No comments:

Post a Comment