Thursday, September 19, 2019

Akhlak Terhadap... Mustrav 16 September

Hari ini, aku Mustrav lagi, kali ini pleajarannya tentang akhlak yang dipimpin ustadz Wido. Sayangnya, kali ini aku datang terlambat jadi hanya mendengar sekitar setengahnya. Ada akhlak hidup berjamaah (tetangga), akhlak kepada non-muslim, akhlak kepada lingkungan, dan akhlak kepada keluarga.

Aku mulai dari mana ya.... Ah iya, adab kepada karib kerabat, karena yang hadir sebagian besar anak-anak, seingatku kami diajarkan adab kakak-beradik. Yang muda menghormati yang tua, dan yang tua mencintai yang muda. (Dengerin tuh dek, menghormati!)

Dari situ kami lanjut membahas adab kepada tetangga. Kita harus baik ke tetangga, dsb. Bila masak, sangat dianjurkan memberi juga ke tetangga, katanya biar gak dapaat asapnya doang. Kalau kita misalnya masak kan asapnya pasti kecium sama tetangga tuh, masa iya, gak dikasih. Bahkan diberi tahu, jika terbatas makanannya, tetangga yang dianjurkan dikasih yang mana (yang pintunya paling dekat dengan pintumu).
Islam memang agama yang sempurna ya.

Lalu, yang terakhir yang aku ingat, akhlak kepada lingkungan, awalnya kita masih mengobrol yang general saja (jangan mencet semut dsb). Tapi lalu kami pindah ke topik yang lain, air tanah. Kalian tahu air tanah kan? Aku jelaskan cara kerjanya, jadi air tanah itu air hujan yang masuk ke dalam tanah, jadi bila kita ambil bisa terisi lagi. Nah terus, juka tanahnya kita tutupi dengan infrastruktur? (dijadikan jalan/gedung misalnya) Air hujannya tidak bisa masuk, air tanah habis. Karena alasan ini, sekarang Cape Town nyaris kehabisan air. Nah, bagaimana cara memecahkan masalah ini, (kami mengobrolkan itu juga disana). Bisa menggunakan biopori (menggemburkan tanah agar air hujan bisa masuk), atau salinasi (mengolah air laut).

Jadi intinya, jagalah akhlakmu terhadap apapun, bahkan lingkungan disekitarmu.

PS: semua akhlak yang diajarkan disana ada dibawah sini, tapi aku datang telat jadi gak menceritakan semua

  1. Akhlak mulia tujuan besar islam
  2. Akhak menuntut ilmu
  3. Akhlak mengajarkan ilmu
  4. Akhlak kepada ulama
  5. Akhlak kepada diri sendiri
  6. Akhlak kepada keluarga
  7. Akhlak kepada tetangga
  8. Akhlak hidup berjamaah
  9. Akhlak kepada lingkungan
  10. Akhlak kepada non-muslim

No comments:

Post a Comment