Thursday, August 8, 2019

Tur... Sendirian Aja Deh Bali 3 Agustsus 2019

Umi I never, ever want to do something like this EVER again.

Pagi.... Setelah kemarin jalan-jalan ke pantai Pandawa, hari ini aku akan ikut tur lagi! Kali ini kami akan pergi ke Nusa Penida! Karena kami berangkat pagi  kami minta dibungkuskan sarapan oleh hotel.

Sekitar jam 6 pagi kami berangkat ke tempat perkumpulan, (tempat naik bis) mata masih berat, aku makan saja beberapa kue yang dikasih hotel. Kami sampai di tempat bis, lalu berangkat menuju pelabuhan (aku kurang ingat jam berapa). Kami menunggu kapal, lama.... (ada yang telat juga) Lalu berangkat ke Nusa Penida!

Kelingking Beach
Aku tidur selama di kapal, setahuku perjalanannya 30 menit, sampai disana kami dijemput beberapa mobil yang akan mambawa kami ke 4 tujuan, Kelingking Beach, Angels Billabong, Broken Beach, dan Crystal Bay. Perjalanannya lumayan jauh, sekitar 30 menit per tujuan. Tujuan pertama kami adalah Angels Billabong dan Broken beach karena lokasinya sama, tapi tujuan utamanya Angels Billabong. Tempatnya, bagus semacam tebing menghadap laut. Pemandangannya indaaah sekali, dan bagian paling keren adalah, ada semacam lubang di salah satu sisi tebing, kami seharusnya menjauh dari sisi itu. Karena bila ombak cukup besar, BYAAAR, air yang masuk dari lubang bisa mengenai batu didekat tempat berjalan (untung bukan di sisi tempat kita berjalan, kalo kena, bahaya tuh). Kami disuruh kembali ke mobil, EH?! Gak berenang dulu, KOK LANGSUNG BALIK, BARU FOTO-FOTO DOANG.

Ternyata turnya memeng gitu, ke satu tempat, foto-foto, balik mobil, tempat lain foto-foto dst. AAAAAH. kami berhenti sebentar untuk makan siang, lalu melanjutkan perjalanan ke Kelingking Beach. Kelingking Beach tidak bisa diakses secara langsung, perlu trekking selama kurang lebih 30 menit untuk mencapai lokasi. Aku sudah mau turun ketika ibuku menyuruhku untuk menunggu dan menanyakan sesuatu kepada tour guide......... Yak, gak cukup waktunya untuk turun, kami foto-foto LALU PERGI LAGI.

Perjalanan lagi.....

Akhirnya sampai ke Crystal Bay! Tidak sebagus yang lain tapi yah, paling gak bisa main air disini
Tour guide: Karena perlu mengejar kapal kembali, kita hanya bisa menghabiska waktu 30 menit disini!
.......AAAAAAAAAH
kami naik kapal lagi, sampai di pelabuhan sekitar jam enam sore, kami pesan taksi online. Karena rombongan tur yang lain entah bagaimana masih ada stamina dan memutuskan untuk beli oleh-oleh. Kami kembali ke hotel, istirahat, sholat, lalu tidur, hari itu aku menyadari sesuatu. Aku benci banget ikut tur! Diatur-atur terus, mending travelling sendiri aja.