Monday, October 14, 2019

Ziarah, Madinah 8 Oktober 2019

Setelah kemarin keliling Masjid Nabawi, kali ini kami akan berkeliling Madinah. Mengunjungi tempat-tempat bersejarah, makam para sahabat, bakal menyenangkan nih!

Jadi, tujuan pertama kami adalah Masjid Quba, masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW, masjidnya putih, besar dan memiliki menara-menara yang menjulang tinggi, bisa dilihat di foto kanan ini.

Tujuan selanjutnya adalah daerah Uhud, tempat terjadinya perang Uhud. Kami juga ditunjukkan Jabal Rumat, tempat Rasulullah SAW memposisikan pemanah ketika perang Uhud. Histori sedikit, Rasulullah SAW memerintah para pemanah untuk tidak turun dari bukit sebelum disuruh apapun yang terjadi tapi, melihat pasukan musuh lari dan banyak harta rampasan tertinggal, mereka turun. Alhasil, muslimin diserang dari belakang dan mengalami kekalahan. Pelajaran yang bisa diambil dari sini adalah, jangan langgar perintah Rasulullah SAW.

Setelah itu, kami ziarah ke makam, lebih tepatnya makam syuhada Uhud. Nama tempatnya sudah menjelaskan, disni adalah tempat dimakamkannya Hamzah r.a paman Rasulullah SAW. Disitu juga ada sebuah masjid, aku masuk kesana ketika masuk ke masjid ini aku menyadari sesuatu. Walaupun ini bukan masjid yang terkenal, tetap ada air zam-zam. Itu yang aku sadari, bahwa dari yang aku lihat hampir semua masjid disini dilengkapi dengan air zam-zam, unik ya.

Dari situ, kami pergi ke kebun kurma, ya kebun kurma, aku semangat untuk turun tapi sayangnya kita gak ke kebun kurmanya, ke toko oleh-oleh doang. Yahelah, alhasil aku diam saja di bis selama orangtuaku turun membeli ohel-oleh.

Perjalanan ini menyenangkan sekali, sayangnya, besok aku akan kembali ke Jakarta


No comments:

Post a Comment