Sunday, October 13, 2019

Shalat Jumat di Masjidil Haram... Tapi Makkah 4 - 5 Oktober 2019

Hari itu aku bersemangat, sholat Jumat di Masjidil Haram! Kapan lagi datang kesempatan seperti ini, pahalanya berlipat ganda. Aku juga sangat ingin tahu, kalau disini tema khotbahnya apa ya?

Kami berangkat sekitar jam 10:00 dengan niat mau Thawaf dulu. Tapi ternyata.... masjid sudah penuh, dan puanaaas banget. Jadi kami mencari tempat duduk dan menunggu, lama. Setelah akhirnya mulai khotbah aku menyadari sesuatu.... Sesuatu yang harusnya sudah kusadari dari lama. Aku kan gak bisa bahasa Arab dan yah, pupuslah harapanku memahami khotbah Masjidil Haram (padahal kayaknya bersemangat banget gitu) 😥. Sisa hari berlanjut normal, makan siang, kembali untuk Ashar dan tidur cepat setelah Isya karena besok tur Makkah.

Yak, tur Makkah, hari ini kami akan pergi mengelilingi tempat-tempat bersejarah di Makkah. Aku sudah bersemangat, tapi.... Namanya berangkat ikut tur grup hampir pasti ada hambatan, kami perlu nungguin satu orang yang liftnya gak dateng-dateng, hadeuh... Cek ulang... ok lengkap semua orangnya, BERANGKAT! 


Yang pertama kita kunjungi adalah Jabal Tsur atau gunung Tsur, yang didalamnya ada Gua Tsur, yang Rasulullah SAW dan Abu Bakar ra. gunakan untuk bersembunyi ketika hendak hijrah ke Yastrib (nantinya dinamakan Madinah). Sayangnya, kita gak bisa naik, foto-foto doang di lapangan parkir gitu, soalnya gunungnya tinggi banget. Tujuan selanjutnya, Jabal Rahmah, tempat Adam as. dan Hawa bertemu lagi setelah diusir Allah dari surga. Jabal Rahmah bentuknya seperti bukit gitu. Tadinya sih mau naik ke puncak tapi kok sini panas banget? Perasaan dimana-mana matahari kagak berubah. Dibandingkan panas disana matahari Indonesia berasa dingin hehehe.






No comments:

Post a Comment