Thursday, July 26, 2018

Pernahkah Kau Menginap Di Pulau Tak Berpenghuni, Aku Pernah

Ketika aku mulai mendekati pulau Karya suasana sangat sunyi, suara yang terdengar hanya deru mesin kapal yang aku naiki, airnya sangat jernih dan nyaris bebas sampah, deru angin pelan-pelan menghantam wajahku. Tetapi ketika kami mendekat..... aku melihat kapal polisi!
kami bingung, ada apa ini?

Hari Rabu, 18 Juli 2018  kami akan meninggalkan pulau Untung Jawa dan berpindah ke pulau Karya, aku senang sekali berpindah karena kami akan membuat tenda di pulau Karya. Kami berkumpul di dermaga pulau Untung Jawa pada jam 8:00 kami kembali menaiki kapal Sabuk Nusantara 66. Aku merasakan mabuk laut (lagi) jadi aku memlih untuk tidur selama perjalanan.

Kapal yang kami naiki tidak mengunjungi pulau Karya karena pulau itu tidak berphenghuni. Jadi kami berhenti di pulau Pramuka sekalian untuk makan siang, air laut disini jernih sekali tetapi sayangnya banyak sampah.

Foto: kak Shanty

Setelah makan siang kami pergi menuju ke pulau Karya menaiki ojek kapal,
hari pertama di pulau Karya seru sekali. Kami memasak makanan kami sendiri disana!

Pulau Karya itu sendiri pulau kecil yang sangat indah, tetapi ketika kami sampai ada kapal polisi kami bingung.

Ternyata polisi-polisi itu sedang berlatih menyelam. Tempat itu sangat menyenangkan, kelompok kami (kemping kali ini pramuka OASE dibagi menjadi 4 kelompok) memasak cumi asin, baunya harum sekali dan rasanya sangat enak. Kami sudah tidak mendapat tiugas apa-apa di pulau Karya (alhamdulillah, akhirnya...)

Tetapi kami tetap harus menulis jurnal. Jadi sekitar jam 9:30 Kami menulis jurnal dulu sebelum tidur, kami disuruh tidur pada jam 20:00 tetapi aku dan teman-teman susah tidur jadi aku baru tidur jam 22:00 tetapi malah ada yang baru tidur jam 00:50!

Menginap di pulau tidak berpenghuni bersama teman-teman sangat menyenangkan tetapi kalu sendiri.... kayaknya tidak menyenangkan deh.
Aku akan sangat senang bila kembali ke pulau Karya, dan menikmati alam nya yang sangat indah.  Tetapi di pulau Karya karena tidak berpenghuni bila malam gelap gulita (merem atau melek sama aja) jadi kalau mau menginap di sana bawa senter ya.